Minggu, 11 Januari 2015

1/11/2015 06:30:00 PM
1
Rasa malu memang adalah sesuatu yang sangat merugikan kita dalam banyak hal. Di dalam kehidupan ini kita perlu berinteraksi dengan orang lain, tentu interaksi bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan. Tetapi beda cerita jika kamu adalah seorang yang pemalu, rasa malu juga dapat dibagi ke dalam beberapa macam, seperti malu berbicara, malu mengutarakan perasaan, malu untuk menatap mata orang lain, bahkan malu untuk mengatakan sesuatu yang merupakan kebeneran karena mata orang – orang akan tertuju kepadamu karena ingin mendengarkan pernyataanmu.

Rasa malu memang adalah sifat bawaan dari orang tua kita pada saat kita dilahirkan, rasa malu memang tidak dapat disembuhkan melainkan dapat atasi dengan beberapa tips. Dalam artikel ini kami bagikan kepada kamu semua cara menghilangkan rasa malu bagi kamu yang pemalu agar kamu dapat bebas berinteraksi dengan sesama dan dapat mengejar impianmu tanpa terhadang oleh kendala malu. Karena impianmu lebih berharga dari rasa malu yang menghantuimu.


1. Cobalah untuk kuatkan kepribadian dan harga dirimu.


Lemahnya harga dirimu dapat berdampak pada melemahnya kepribadianmu dan itu dapat memicu ketakutan untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Seseorang merasa bahwa dirinya ini serba kekurangan dan serba tidak percaya diri jika dibandingkan dengan orang lain. Merasa kecil hati itu dapat menyebabkan seseorang itu untuk lebih diam dan memilih untuk menjauh dari komunitas atau interaksi.


2. Jangan ikutin kata hatimu untuk menjadi malu.


Untuk tidak malu kamu harus bisa menerima dirimu seperti apapun itu, tidak kurang dan tidak berlebihan. Cobalah berpikir ke arah yang lebih positif seperti kamu dan mereka tidak mempunyai banyak perbedaan, ambilah sisi yang memiliki persamaan untuk dibandingkan maka kamu akan merasa bahwasanya kamu dan mereka itu serupa dan sederajat.


3. Jangan takut terhadap pendapat orang lain


Setiap manusia yang hidup di dunia ini tidak peduli sebaik apapun yang dilakukan olehnya tetap saja akan menerima kritikan. Kritik dan saran dari orang merupakan pelajaran penting dan dapat menjadi guru terbaik dalam kehidupan kita semua. Maka dari itu jangan pernah takluk untuk mengubah kritik negatif dari orang lain menjadi nilai positif yang dapat mendewasakan karaktermu.


4. Dengarkanlah pengalaman orang lain mengatasi rasa malu mereka


Ingat, Bukan hanya kamu yang merasa dihantui oleh rasa malu, melainkan rasa malu ini juga dialami oleh banyak orang termasuk oleh orang tuamu, seniormu dan orang-orang yang kamu kenal. Tanyakanlah kepada mereka bagaimana cara mereka menghadapi rasa malu tersebut.

Intinya adalah jika mereka dapat mengatasi rasa malu jadi kenapa kamu tidak dapat mengatasinya? apa perbedaanmu dengan mereka? perlu dicatat bahwa manusia adalah mahkluk sosial yang dimana kita perlu berinteraksi dengan orang lain, dan kita tidak dapat hidup seorang diri.


5. Sering berkumpul dengan teman – teman


Bercanda dan bermain dengan teman – teman dapat meminimalisirkan rasa malu yang ada di dalam dirimu. Karena keseringanmu dalam berinteraksi dapat secara alam bawah sadar menghilang rasa malu itu. Dan kamu tidak akan merasa aneh dalam berinteraksi dengan orang lain karena kamu anggap menganggap orang lain itu seperti teman kamu sendiri dan pembicaraan akan berjalan mulus seperti yang kamu lakukan dengan teman – temanmu.


6. Belajar berbicara seperti seorang motivator handal


Yakinkanlah dirimu bahwa orang – orang disekitarmu senang berbicara denganmu karena kamu memiliki mulut yang manis ibarat seorang motivator. Latihlah kemampuanmu dalam berbicara, dan ingat hanya bicarakan hal – hal yang positif dan jauhi topik – topik negatif. Karena topik negatif bukan mendekatkan kamu dengan orang di sekitarmu, tetapi itu malah membunuh karaktermu.


7. Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan


Pernah dengar pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan kita? Ya jelas! Pengalaman itu jika dipadukan dengan pengetahuan maka hasilnya akan ajaib. Manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan itu tidak pernah benar – benar belajar, walaupun memang ada juga yang mampu. Tetapi percayalah bahwa dengan kesalahan maka kamu akan lebih mengerti akar dari sebuah permasalahan, mendewasakan pemikiranmu dan kamu tidak akan mengulanginya kesalahan tersebut lagi.


8. Ketika kamu berada posisi yang tidak nyaman, Bernafaslah dengan tenang


Sebelum kamu memulai pembicaraan di depan orang lain, ataupun menghadapi tes wawancara, tariklah nafas dalam – dalam dan lepaskan secara perlahan. Ulangi hingga kamu merasa rileks dan tenang. Dan usahkanlah untuk tidak tegang dan jangan merasa malu karena kamu tidak ada kekurangan apapun, kamu diciptakan olehNya untuk menjadi hebat.


9. Usahakan untuk berpikir positif


Janganlah selalu berpikiran bahwa kamu lebih rendah dari orang lain, kamu tidak bisa melakukan ini dan itu, semua orang pasti menertawakan aku, semua orang akan menganggap aku aneh dan bla bla. Please! Jangan pernah punya pikiran seperti itu, karena bukan saja merugikan kamu melainkan itu membuat mentalmu menjadi seorang yang tidak dapat maju. Selalu berpikiran positif  dan katakan kepada dalam hatimu bahwa kamu bisa, kamu hebat dan mereka semua akan melihatnya siapa kamu sebenarnya.


10. Perluaslah relasi dengan orang – orang sukses yang berhasil mengatasi rasa malu mereka




Point ini hampir mirip dengan point ke 4 dimana kamu diharuskan untuk mendengar pendapat dari orang – orang telah berhasil mengatasi rasa malu yang ada di dalam kehidupan mereka. Penuhi lingkaran pertemanan kamu dengan orang – orang seperti juga dapat memicu kamu mejadi seorang yang tidak pemalu secara alam bawah sadarmu. Karena manusia itu diciptakan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan tempatnya hidup.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...